Menu
Close ×

Pemegang Saham

Pemegang Saham

Susunan Kepemilikan dan Kepengurusan BTPN Syariah

 

 

BTPN merupakan bank yang memfokuskan diri untuk melayani dan memberdayakan masyarakat berpendapatan rendah yang terdiri dari para pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta komunitas prasejahtera produktif (mass market). Didirikan di Bandung, Jawa Barat, pada 1958 dengan nama Bapemil, bank berubah nama menjadi PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional di tahun 1986. Saat ini BTPN berkantor pusat di Jakarta dengan cabang-cabang di lebih dari 300 kota di seluruh Indonesia.

BTPN menawarkan berbagai jasa perbankan melalui enam unit bisnisnya. Pertama adalah BTPN Purna Bakti yang fokus pada segmen pensiunan dan prapensiunan. Kedua adalah BTPN Mitra Usaha Rakyat yang melayani para nasabah wirausaha mikro. Ketiga adalah BTPN Mitra Bisnis yang melayani para nasabah wirausaha kecil dan menengah. Keempat, BTPN Sinaya yang fokus pada pertumbuhan dana pihak ketiga dari segmen institusi dan individu berpenghasilan menengah ke atas. BTPN mengelola jaringan yang memberikan pelayanan bagi nasabah, meliputi 383 cabang BTPN Purna Bakti dan 148 payment points, 348 BTPN cabang BTPN Mitra Usaha Rakyat, 6 cabang BTPN Mitra Bisnis serta 66 cabang BTPN Sinaya di seluruh Indonesia.

Dua unit bisnis terakhir adalah kedua platform mobile banking BTPN. BTPN Wow!, sebagai unit bisnis kelima, adalah platform yang melayani segmen mass market dengan menggunakan telepon genggam sederhana, sedangkanyang terakhir, Jenius, tersedia untuk menjawab kebutuhan nasabah urban yang lebih fasih menggunakan smartphone.Bagaikan keping uang logam yang memiliki dua sisi yang tak terpisahkan, program pemberdayaan adalah elemenyang terintegrasi dengan model bisnis BTPN. Tidak sekadar sebuah bentuk tanggung jawab sosial, kami senantiasaberusaha untuk menciptakan kesempatan tumbuh dan hidup yang lebih berarti bagi semua nasabah BTPN dalam seluruh produk serta aktivitas Bank. BTPN percaya bahwa masyarakat dari seluruh lapisan memiliki keinginan untuk mencapai hidup yang lebih berarti.

 

PT Triputra Persada Rahmat (Triputra) didirikan oleh Bapak TP Rachmat dan Bapak (Alm.) Benny Subianto sebagai bentuk kepedulian untuk membangun Bangsa Indonesia menjadi lebih baik dengan membantu masyarakat prasejahtera agar dapat meraih kemandirian ekonominya. Moto “Less for self, More for Others, Enough for Everyone” menjadi dasar bagi para pendiri untuk memulai usaha keuangan mikro dengan melakukan penyaluran pembiayaan dan pengumpulan tabungan mikro untuk keluarga prasejahtera produktif melalui kepemilikan saham Triputra di BTPN Syariah (dahulu bernama PT Bank Sahabat Purba Danarta).

Terinspirasi oleh Muhammad Yunus dengan Grameen Bank-nya, para pendiri melalui kepemilikan sahamnya di BTPN Syariah bukan hanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan usaha semata, tetapi juga membantu percepatan perkembangan masyarakat sektor mikro yang dilayani dengan melakukan pembinaan bagi keluarga prasejahtera agar dapat memperoleh kehidupan lebih baik.

 

Struktur Organisasi Grup 

Informasi tabel struktur organisasi grup dapat dilihat disini.

 

INFORMASI PEMEGANG SAHAM