Menu
Close ×

Tentang Daya

Tentang Daya

Pemberdayaan nasabah prasejahtera produktif dilakukan melaui 4 pilar: akses keuangan, keanggotaan, pendampingan dan pelatihan. Di seluruh program pelatihan BTPN Syariah digunakan brand Daya untuk membedakan dengan pelatihan-pelatihan lainnya yang ada di pasar. Pelatihan ini diberikan kepada 100% nasabah prasejahtera produktif dan mengajak karyawan serta nasabah pendanaan untuk berpartisipasi memberikan pelatihan. Sehingga, Daya BTPN Syariah lebih dari sekedar tanggung jawab sosial perusahaan, yang bukan hanya berupa program, tetapi menjadi salah satu pilar fundamental yang saling kait-mengait dengan 3 Unique Value Propositions Bank dalam memberdayakan dan melayani segmen prasejahtera produkif.

PERAN DAYA DALAM LITERASI KEUANGAN

Mengacu pada POJK No. 01/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan dan SEOJK No. 1/SEOJK.07/2014 tentang Pelaksanaan Edukasi dalam rangka Meningkatkan Literasi Keuangan Kepada Konsumen dan/atau Masyarakat, BTPN Syariah menyusun perencanaan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas agar lebih memahami jasa dan produk perbankan yang sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat. Hal ini sejalan dengan tujuan BTPN Syariah, antara lain:

  • Berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perbankan.
  • Meningkatkan kuantitas masyarakat pengguna produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan (finansial inklusif).
  • Mengedukasi masyarakat agar lebih memahami manfaat jasa dan produk perbankan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan.

BTPN Syariah melakukan dua cara pendekatan dalam merealisasikan program Daya tersebut. Pertama, untuk non-nasabah yaitu dengan menggali dan memberdayakan potensi ekonomi masyarakat. Cara yang dilakukan adalah melalui pembelajaran mengenai perencanaan keuangan yang tepat guna untuk mewujudkan cita-cita keluarga. Kedua, untuk nasabah yaitu dengan mengembangkan program Pelatihan Dasar Keanggotaan (PDK) dan Pelatihan Program Daya. Pelatihan ini khusus diberikan kepada seluruh nasabah Tunas Usaha Rakyat (TUR) selama 5 hari berturut-turut. Diharapkan, setelah menempuh pelatihan tersebut, nasabah dapat memahami dan menerapkan cara-cara pengelolaan keuangan rumah tangga yang lebih baik sehingga tujuan untuk mencapai keluarga yang lebih sejahtera dapat tercapai.

3 PILAR DAYA

Program Daya memiliki tiga pilar utama, yaitu:

  • Kesehatan (Daya Sehat Sejahtera)
  • Pengembangan Usaha (Daya tumbuh Usaha), dan
  • Komunitas (Daya Tumbuh Komunitas).

Ketiga pilar utama tersebut dimanifestasikan lebih lanjut dalam 4 modul bahan pembelajaran keuangan program Daya, antara lain: Pengelolaan Keuangan Sederhana, Menggapai Mimpiku, Tabungan Mimpiku dan Wujudkan Mimpiku.

SAHABAT DAYA

Melengkapi tiga pilar utama program Daya, BTPN Syariah memiliki gerakan sosial yang ditujukan kepada para karyawan sebagai sarana untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemberdayaan nasabah, yang dinamakan Sahabat Daya.

Dengan demikian, BTPN Syariah memberikan kesempatan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk berpartisipasi, berbagi, dan berinteraksi dengan nasabah, sehingga turut berperan aktif dalam menumbuhkan jutaan rakyat Indonesia.