Menu
Close ×

Daya Sehat Sejahtera

Daya Sehat Sejahtera

Daya Sehat Sejahtera adalah program pemberdayaan di bidang kesehatan yang bertujuan untuk mendorong pola hidup yang sehat sehingga nasabah bisa tetap produktif dalam berkegiatan. Terdapat 4 program kegiatan dalam Daya Sehat Sejahtera yaitu Pelatihan Daya, Kader Kesehatan, Sahabat Daya Universitas, dan Bakti Sosial.

Pelatihan Daya

Pelatihan ini dibawakan oleh Melati Putih Bangsa pada saat Pertemuan Rutin Sentra. Materi pelatihan-pelatihan diberikan secara ringan antara lain bagaimana cara mengasuh anak, mencegah dan mengenali kanker payudara dan kanker serviks sejak dini, apa saja bahaya kegemukan, mengatur pola makan sehat, dan manfaat berjalan kaki. Total akumulasi penerima manfaat pelatihan ini telah mencapai lebih dari 1 juta nasabah.

Kader Kesehatan

Program Kader Kesehatan memberikan pelayanan ksehatan bagi nasabah dengan pendekatan khusus dimana para kader mempunyai lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan nasabah dan komunitas di sekitar tempat tinggal mereka. Kegiatan ini dirintis sejak 2015 melalui kerja sama dengan Ilmu Kedokteran Komunitas (IKK) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Aktivitas utama yang dilakukan adalah pemeriksaan rutin kesehatan, penyuluhan kesehatan hipertensi dan kanker payudara.

Di 2017, Program Kader Kesehatan dilakukan di Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya. Sejumlah 18 kader kesehatan yang terpilih dari kecamatan Jamanis, Ciawi, Pagerageung dan Rajapolah telah bertugas untuk melayani 7.981 nasabag BTPN Syariah dan 7.000 masyarakat umum lainnya pada saat kegiatan Posyandu. 

Sahabat Daya Universitas

Program kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Trisakti berupa penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan di daerah Cilincing dan Bnatar Gebang dengan melibatkan 172 dokter muda di 60 sentra nasabah. Penyuluhan kesehatan terkait TBC, kanker, kepikunan, hipertensi, diabetes, dan penyakit kronis lainnya juga dilakukan dengan total penerima manfaat sebanyak 300 nasabah.

Bakti Sosial

Kegiatan bakti sosial terhadap nasabah dan masyarakat umum dilakukan di 13 kota dengan aktivitas penyuluhan kesehatan seperti kanker serviks dan pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dengan total penerima manfaat sebanyak 3.853 nasabah dan 538 masyarakat lainnya. Tidak hanya bekerja sama dengan PDUI, kegiatan penyuluhan kesehatan juga dilakukan oleh kader kesehatan dari kecamatan Jamanis, Ciawi, Pagerageung dan Rajapolah di Jawa Barat dengan penerima manfaat sebanyak 215 nasabah dan 331 masyarakat lainnya.